Minggu, 16 November 2014

KHUTBAH IDHUL FITRI

BULAN RAMADHAN TELAH PERGI

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الله أكبر
9X
الله اكبر كبيرا والحمدلله كثيرا وسبحان الله بكرة  واصيلا .
لااله الاالله وحده صدق وعده ونصر عبده واعز جنده وهزم الاحزب وحده لااله الله والله اكبر الله اكبر ولله الحمد
.الحمدلله...الحمدلله الذي وسعت رحمته وتعالت قدرته و تجلت عظمته أشهد أن لاإله إلا الله وحده لا شريك له . وأشهد أن سيدنا  محمدا عبده ورسوله صلوات الله
وسلامه عليك يا رسول الله وإنك لعلى خلق عظيم. بلغت الرسالة وأديت
الأمانة ونصحت الأمة وجاهدت في سبيل الله حق الجهاد حتى أتاك
اليقين. وعلى آلك وأصحابك ومن اتبع سنتك واهتدى بهداك وسار على
نهجك إلى يوم الدين . أما بعد
ايهاالناس اتقواالله حق تقاته ولا تموتن الا وانتم مسلمون
ومن آيات الله البينات ايضا قوله تبارك وتعالى : يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَاتَعْمَلُونَ ( الحشر: 18
HADIRIN-HADIROT SIDANG SHOLAT ‘ID YANG BERBAHAGIA..
Marilah kita tingkatkan ketaqwaan kepada Allah ta’ala, dengan taqwa yang sebenar benarnya,yaitu melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi segala laranganNya. dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan
الله أكبر الله أكبر الله أكبر ولله الحمد
Hamba-hamba Allah yang sama-sama mengharap ampunan dan rahmat-Nya....
Ramadhan bulan al Qur’an, bulan shabar, bulan jihad, bulan perjuangan, bulan pembersih jiwa pencuci hati dan bulan perlombaan guna meraih takwa dan kebebasan dari siksa, kini dia telah pergi meninggalkan kita. Dan merupakan saksi bagi perilaku dan perbuatan kita,ibadah kita,amalan2kita dibulan yang suci itu.
Dan Dia pasti akan kembali menemui kita manakala hari kesaksian telah tiba. Dia akan menjadi saksi pembela atau penuntut. Apakah membela kita, sebab kita telah menghidupkan bulan yang suci itu? Atau sebaliknya penuntut karena kita telah membiarkannya pergi tanpa meninggalkan bekas yang berarti?....
الله أكبر الله أكبر الله أكبر ولله الحمد
Kaum Muslimin Muslimat Jamaah Sholat ‘Id Rohimakumullah...
Bulan al-Quran kini telah pergi. Saat belum pergi dia menyaksikan seperti apa sikap kita terhadap Al-Quran apa yang telah lakukan terhadapnya apakah kita telah telah membacanya dan mengamalkannya? apakah kita telah memperjuangkan dan menegakan ajarannya, langkah apa yang telah kita ambil untuk membela haq  alquran ?
Ramadhan juga menyaksikan, bagaimana kita mengisi bulan yang penuh rahmat dan ampunan, apakah telah kita nikmati dengan qiyamullail dan tadabbur al-Quran, merintih sambil berdiri dihadapan Yang Maha Tinggi, menunduk dengan ruku’ dan sujud hingga mencapai nikmat khusyu, mengikuti akhlak ibadurrahman/salafus sholeh  terdahulu. ataukah hanya diisi dengan begadang tanpa membekas pada qalbu?
Ayyuhal muslimun wal muslimat rohimakumullah.......
Shaum adalah ibadah yang dapat menambah kekuatan spiritual, untuk menghadapi berbagai tantangan dan tuntutan. Meski kita telah melaksanakan ibadah shaum, namun, apakah kita telah meraih kekuatan baru untuk menguasai tuntutan hawa nafsu? Baik tuntutan yang berkaitan dengan pandangan, pendengaran,ungkapan, pemikiaran, angan-angan, ataupun lainnya? Atau hanya sekedar menahan haus dan lapar laksana para pelaku aksi mogok makan ?
                           الله أكبر الله أكبر الله أكبر ولله الحمد         
Hadirin sidang  sholat ‘Ied rahimakumullah...
 Pada tahun 1432 H ini banyak sekali masyarkat yang kehilangan masa depan. Bukan kehilangan tempat kerja mencari makan, bukan pula kehilangan jabatan di pemerintahan, melainkan kehilangan arah hidup dan tujuan, karena mereka sibuk mengejar kenikmatan yang akan pergi, dan mereka rela menjauh dari kenikmatan yang hakiki. Mereka mengejar kehidupan yang belum jelas, dan menjauh dari kenikmatan yang pasti.
اHadirin Hadirot Sidang Sholat ‘Id yang Dirahmati Allah..
Dengan semakin lengkapnya fasilitas hidup, seharusnya manusia semakin tunduk kepada Yang Maha agung, semakin merendah dihadapan Yang Mahakuasa. Namun fakta berbicara, kebanyakan dari mereka malah semakin angkuh dan lupa diri, tidak sadar bahwa ajal selalu mengintai mereka. Mengapa hal ini terjadi? tidak lain karena kebanyakan manusia berjuang hanya untuk melakukan perbaikan masalah kehidupan di dunia. Sementera perbaikan status sebagai hamba dan khalifah mereka lupakan. Akhirnya mereka mengaku maju dan mulia padahal mereka sedang mengalami kemunduran dan terancam kehinaan.
Sungguh, kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, meski diharapkan dapat merubah kondisi politik, sosial dan ekonomi, namun tidaklah akan mampu merubah nasib bangsa kecuali dengan merubah apa yang ada pada nafsu-nafsu mereka. Sebagaimana firman Allah :
بِأَنْفُسِهِم   إِنَّ اللَّهَ لا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا

Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada nafsu-nafsu mereka sendiri. 
(QS. Ar-ra’du :11)

ayyuhal hadirun wal hadirot rohimakumullah....

Berdasarkan ayat diatas mari kita jadikan ramadhan yang telah kita lalui menjadi moment untuk  meng evaluasi diri,introspeksi diri,pengendalian hawa nafsu agar kita lebih mawas diri dan mampu mengambil langkah langkah yang yang signifikan dan positif dalam kehidupan mendatang.
الله أكبر الله أكبر الله أكبر ولله الحمد
Sidang sholat ‘ id yang berbahagia..
Yang terakhir mari kita renungkan firman Allah Swt dalam surat Alqoshosh ayat 77 yang artinya :
“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu yaitu(kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari dunia.”
Oleh karena itu.....
Mari kita Gunakan semua yang Allah titipkan kepada kita untuk beramal demi meraih kehidupan hakiki, manfaatkan semua fasilitas yang allah berikan pada kita ini, demi meraih kebahagiaan yang abadi. Hakikat dan tujuan hidup janganlah kita tidak mengenal,bahwa dunia ini tidak akan kekal, usia kita sebentar lagi dijemput ajal.  dunia bukan tujuan akhir, jabatan dan kedudukan kita tak lama lagi akan berakhir, dan akan di kembalikan kepada allah sang penguasa dan pemilik hari akhir. Wallahu a”lam bishowaab.
بارك الله لي ولكم في القران العظيم ونفعني واياكم بما فيه من الايات والذكرالحكيم . ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار وصل اللهم
على سيدنا محمد.  وعلى آله وأصحابه ومن اتبعه إلى يوم الدين  والحمد لله
رب العالمين
أقول قولى هذا وأستغفر الله لي ولكم ولسائرالمسلمين والمسلمات والمؤمنين المؤمنات فاستغفروه  انه هوالغفورالرحيم .
KHUTBAH KE 2 IDHUL FITRI
الله اكبر x 7
الله اكبر كبيرا والحمدلله كثيرا وسبحان الله بكرة  واصيلا .   
لااله الاالله والله اكبر. الله اكبر ولله الحمد. الحمدلله الذي جعل الاعياد بالافراح والسرور.  وضاعف للمتقين جزيل الاجور.  وكمل الضيافة في يوم العيد لعموم المؤمنين بسعيهم المشكور.
  اشهد ان لااله الاالله وحده لاشريك له ,العفو الغفور.  واشهد ان سيدنا ومولانا محمدا عبده ورسوله الذي نال من ربه مالم ينله مقرب ولا رسول مطهر مبرور.  اللهم صل وسلم علي سيدنا محمد النبي الامي وعلي اله واصحابه الذين كانوا يرجون تجارة لن تبور.
اما بعد :   فياايها الاخوان...!اتقواالله..! واعلموا يااخواني رحمكم الله ,ان يومكم هذا يوم عظيم.          يتجلي الله فيه علي عباده من كل مقيم ومسافر.       فيباهي لكم ملائكته وانتم مكبرون فيه اظهارا لشعائره في كل مكان طاهر.  فقال الله تعالي ولم يزل قائلا عليما:  ان الله وملائكته يصلون علي النبي ياايهاالذين امنوا صلوا عليه وسلموا تسليما.  اللهم صل وسلم علي سيدنا محمد وعلي اله وصحبه والتابعين.  وارض عنهم برحمتك يا ارحم الرحمين.
  اللهم اغفر للمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات الاحياء منهم والاموات.  اللهم ادفع عنا الغلاء والبلاء والفحشاء والمنكر والقحط والوباء والسيوف المختلفة والشدئد والمحن والفتن ما ظهرمنها وما بطن , من بلدنا هذا خاصة ومن بلدان المسلمين عامة , انك علي كل شيئ قدير.  ربنااغفرلنا ولاخواننا الذين سبقون بالايمان , ولا تجعل في قلوبنا غلا للذين امنوا  ربنا انك رؤف رحيم.  
عبادالله..! ان الله يأمر بالعدل والاحسان وايتاء ذي القربي وينهي عن الفحشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون.  اذكروا الله العظيم يذكركم واسئلوه من فضله يعطكم ولذكرالله اكبر.


     BY : SYAFAAT ’2011



Tidak ada komentar: