Selasa, 04 November 2014

PIDATO UNTUK ANAK TENTANG MAKNA SYUKUR

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله رب العالمـين وبه نستعـين علي امورالدنيا والديـن,الصلاة والسلام علي سيد الانبيأ والمرسلـين وعلي  اله وصحبه اجمعـين اما بعد
Para Alim para ulama,bapak ustadz.........,yang kami hormati dan kami mulyakan, juga para teman-teman Santriwan dan santriwati....... yang saya sayangi dan saya banggakan.
Pada kesempatan kali ini saya akan menerangkan makna syukur. Hadirin-hadirot yang dirahmati Alloh, kalau kita berbicara tentang nikmat Alloh Swt ,maka tak satu orangpun yang bisa menghitungnya. Karena segala hal yang kita rasakan dan kita miliki adalah dari  Alloh Swt. kita bisa berjalan menuju tempat ini juga merupakan angerah dari Alloh Swt. Tanpa nikmat dari Alloh,jangankan kita bergerak, berkedip pun kita tidak akan mampu. dengan menyadari semua itu, maka manusia akan mensyukuri nikmat Alloh,baik berupa kesehatan jasmani maupun rohani,serta berbagai anugerah lainnya.berkaitan dengan pentingnya mensyukuri atas nikmat Alloh yang telah diberikan kepada kita semua ,maka nabi muhammad saw bersabda :
“Membicarakan nikmat Alloh adalah mensyukuri sedangkan meninggalkannya adalah kufur,dan barangsiapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, berarti dia tidak mensyukuri yang banyak,dan barangsiapa yang tidak bersyukur kepada manusia maka berarti tidak mensyukuri Alloh” . oleh karena itu segala kenikmatan yang diberikan oleh alloh kepada kita haruslah kita syukuri dengan ucapan dan perbuatan,contohnya seperti memberikan santunan kepada anak yatim,fakir miskin,dan lain sebagainya,itu merupakan salah satu bentuk mensyukuri nikmat Alloh.
 Jadi nikmat Alloh yang kita terima sekalipun sedikit ,haruslah kita syukuri.karena siapa yang tidak mau bersyukur terhadap yang sedikit,berarti tidak mensyukuri yang banyak,dan orang itu berarti kufur.
Hadirin-hadirot yang dirahmati Alloh, demikianlah yang dapat  saya sampaikan , semoga kita dapat mengambil hikmat dan manfaatnya,amin-amin ya robbal alamin.
Akhir kata : terima kasih atas segala perhatian dan mohon maaf atas segala kesalahan,  wal ‘afwu minkum wabillahit taufiq wal hidayah

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Tidak ada komentar: